Kamis, 11 April 2013

CLASS B 2010

1. kumpulan orang-orang yang mengharapkan kecerahan di masa depan dengan semboyan anti patah hati soalnya tugas cin buanyak teruuus hahha...
2. foto ini didedikasikan untuk seorang wanita baik hati tapi jutek...ingat senyummu harimau mu hahha...
 3. kalo ini sie ceritanye nyari materi wat presentasi, w ikut majang aje deh lumayan masuk google.com hahha..
 4. kesatuan BG band, yah keliatannya sih harmonis tapi didalemnya cin, uuukkkh banget...
 5. malu dikatain ga bisa gitar, w nampang aje disini kali aja dapet hidayah tiba2  handal maen gitar haha..

 6. perasaan tadi w liat bidadari jatoh,kemane yee.....akkkhhh
 7. galau w mikirin cewek orang hikhikh...

8.senyum sehat ala pepsogent....hahha

RPP BERKARAKTER


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMA MA MENES
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester          : XII/1
Waktu                         : 2 x 40 menit (1x pertemuan)

Standar Kompetensi               : 3. Memahami artikel dan teks pidato

Kompetensi Dasar                   : 3.2 Membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat


1.        Tujuan Pembelajaran
Setelah mendengarkan instruksi dari guru, siswa dapat:
·         Membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat dan cermat serta pebuh percaya diri.
·         Mampu berpidato dengan bahasa yang lugas dan logis
·         Mampu mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan orator (orang yang berpidato) dengan kritis dan kreatif.

2.        Materi Pembelajaran
A.    Pengertian pidato
Pidato merupakan paparan lisan yang disampaikan seorang pembicara tentang permasalahan yang terjadi di sekelilingnya. Pidato menarik untuk disimak jika memenuhi beberapa hal, antara lain;
1.  topik yang dibahas;
2.  topik dibahas dengan lengkap dan jelas;
3.  pembicara tidak hanya mengemukakan keluhan dan  masalah, melainkan juga solusi;
4.  pembicara memiliki humor untuk mempertahankan pendengar;
5.  pembicara menggunakan bahasa yang komunikatif
6.  pidato juga harus disampaikan dengan gaya penyampaian dan ekspresi yang menarik.

B.     Macam-macam pidato, yaitu :
1.      Manuskrip
2.      Memoriter
3.      Ekstempore
4.      Impromtu

C. Langkah-langkah berpidato
1. Menyelidiki pendengar dengan mengajukan pertanyaan.
2. Memilih topik disesuaikan dengan kemampuan diri,
3.  bahan berdasarkan pengalaman, hasil penelitian, imajinasi, buku bacaan, media massa.
4. membuat langkah teks (pembukaan,isi dan penutup) 

D. Tujuan berpidato
a. persuasif
b. rekreatif
c. argumentatif
d. informatif

3.        Metode Pembelajaran
a.         Tanya jawab
b.        Diskusi
c.         Penugasan
d.        Inkuiri dan demontrasi/pemeragaan
e.         Model Permainan Estafet dan icon for example

4.        Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.         Kegiatan Awal
·           Guru melakukan apersepsi mengenai materi sebelumnya,dll.
·           Guru menggali pengetahuan awal peserta didik mengenai pidato,langkah-langkahnya serta macam-macam pidato.
·           Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai  tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
·           Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai langkah-langkah pembelajaran.

b.        Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Guru merangsang otak siswa dengan menanyakan materi pembelajaran,
·           Kemudian Peserta didik memerhatikan penjelasan guru mengenai bentuk-bentuk pidato.
·           Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai macma-macam pidato dan langkah-langkahnya.
·           Guru mengambil benda untuk di iconkan dengan materi.
·           Peserta didik menyebutkan setiap materi yang sudah ditentukan sesuai benda yang dipegang guru.
·           Peserta didik melihat tayangan contoh  pidato/ceramah yang sudah disedikan guru dengan hikmat.
·           Peserta didik menilai tayangan tersebut kekurangan dan kelebihanya dengan kritis
Elaborasi

·           Peserta didik mengemukakn kekurangan dan kelebihan tadi secara estafet (tidak boleh sama) dengan penuh percaya diri.
·           Peserta didik masing-masing memberikan alasannya dan baiknya seperti apa berpidato secara kritis dan logis.
·           Siswa untuk maju memberikan pidato (impromtu) dengan penuh percaya diri
·           Peserta didik memberikan tanggapan mengenai pidato tadi bersama-sama dengan kritis dan logis, serta mengemukakanya dengan cermat.
Konfirmasi
·           Guru memberikan tanggapan terhadap pidato siswa di dalam kelas.
·           Guru memberikan waktu untuk tanya jawab mengenai materi
·           Guru memberikan penguatan dan evaluasi terhadap materi/pidato.

c.         Kegiatan Akhir
·            Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pembelajaran.
·            Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
·            Peserta didik diberi tugas untuk menulis pidato sebagai pekerjaan rumah untuk dibahas pada pertemuan berikutnya (khusus siswa yang tidak maju).

5.        Sumber dan Media Belajar
·      Powerpoint Materi
·      LCD Proyektor
·      Spidol untuk menulis
·      Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 62-67 Komposisi karya Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman 314-339.

6.        Penilaian
Indikator
Teknik
Bentuk
Instrumen
·   Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi penting dengan cermat. 
·   Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi pendukung secara kreatif
·   Membacakan teks pidato dengan  intonasi dan ekspresi yang tepat penuh percaya diri.
·   Menanggapi pembacaan teks pidato bersama-sama di depan kelas dengan kreatif dan bahasa yang lugas dan logis.
Tes tulis



Tes uraian



1.   Ungkapkanlah bagian-bagian pidato dan pendukung berpidato!



2.   Tanggapilah pembacaan pidato dengan bahasa yang logis dan tersusun!

Pedoman Penilaian
1.      Ungkapkanlah bagian-bagian pidato dan pendukung berpidato!
Deskriptor
Skor
Peserta didik menentukan bagian pidato dan pendukung berpidato serta kekurangan dan kelebihan pidato
2
Peserta didik menentukan bagian pidato dan pendukung berpidato serta kekurangan dan kelebihan pidato
1
Peserta didik menentukan bagian pidato dan pendukung berpidato serta kekurangan dan kelebihan pidato
0

2.        Tanggapilah pembacaan pidato dengan bahasa yang logis dan tersusun!!
Deskriptor
1
2
3
4
Kecocokan antar paragraf




Kelogisan isi pidato




Ketepatan penggunaan gaya bahasa retoris




           
3.        Pengamatan selama Proses Pembelajaran
No.
Pencapaian Nilai Karakter yang Teramati
Nilai Karakter yang Teramati
Skor

Percaya Diri
Kritis
Logis
Kreatif
1.
MK (Membudaya)
4
4
4
4
16
2.
MB (Mulai Berkembang)
3
3
3
3
12
3.
MT (Mulai Terlihat)
2
2
2
2
8
4.
BT (Belum Terlihat)
1
1
1
1
4

Skor Maksimal
4
4
4
4
16




Perhitungan nilai akhir :
1.
Perolehan skor
X 100 x 35%
Skor maksimal (2)
2.
Perolehan skor
X 100 x 45%
Skor maksimal (12)
3.
Perolehan skor
X 100 x  20%
Skor maksimal (16)
Nilai = N1  + N2  + N3          


Pandeglang, 25 Desember 2013
Mengetahui,
Kepala sekolah SMA Mathlaul Anwar Menes



Prof. DR. H. Iip Pirdaus, M.Pd
NIM. 2222100094
Guru Pengampu



Iip Pirdaus, M.Pd
NIM.2222100094