Senin, 22 Oktober 2012

contoh bahan ajar


Nama     : Iip Pirdaus
Nim        : 2222100094
Kelas      : VB

Ø      Bahan Ajar Untuk Siswa Kelas IX

KOMPETENSI DASAR :
Menyimpulkan Pesan Pidato Atau Ceramah Atau Khotbah Yang Didengar siswa.
INDIKATOR :
1 . Menemukan hal-hal pokok dalam Pidato,Ceramah atau Khotbah
2 . Menyimpulkan pesan Pidato,Ceramah/Khotbah.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1 . Peserta didik dapat menemukan dan menuliskan pesan tersurat maupun
      tersirat dalam pidato,ceramah atau khotbah
2 . Peserta didik dapat memahami pokok pembahasan pidato,ceramah atau
        khotbah yang didengar.

Uraian Materi :
A. Pengertian pidato
Pidato adalah papan lisan yang disampaikan seorang pembicara sehubungan dengan status sosialnya.Misalnya, pidato ketua OSIS dalam perayaan ulang tahun sekolah dan pidato Kepala Sekolah pada saatupacara bendera. Mengapa pidato seseorang ada kalanya sangat menarik untuk disimak?
Pidato akan menarik jika :
1) Topik yang dibahas aktual dan kontekstual
2) Topik dibahas dengan lengkap dan jelas
3) Pembicara tidak hanya mengemukakan keluhan dan masalah, tetapi juga solusi
4) Pembicara memiliki humor untuk mempertahankan perhatian pendengar
5) Pembicara menggunakan bahasa yang komunikatif
6) Pidato disampaikan dengan gaya penyampaian dan ekspresi yang menarik.


B. Tujuan Pidato
Pidato umumnya melakukan satu atau beberapa hal berikut ini :
1. Mempengaruhi orang lain agar mau mengikuti kemauan kita dengan suka rela.
2. Memberi suatu pemahaman atau informasi pada orang lain.
3. Membuat orang lain senang dengan pidato yang menghibur sehingga orang lain
 senang dan puas dengan ucapan yang kita sampaikan.

C. Jenis-Jenis / Macam-Macam / Sifat-Sifat Pidato
Berdasarkan pada sifat dari isi pidato, pidato dapat dibedakan menjadi :
1. Pidato Pembukaan, adalah pidato singkat yang dibawakan oleh pembaca acara
2. Pidato pengarahan adalah pdato untuk mengarahkan pada suatu pertemuan.
3. Pidato Sambutan, yaitu merupakan pidato yang disampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.
4. Pidato Peresmian, adalah pidato yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu.
5. Pidato Laporan, yakni pidato yang isinya adalah melaporkan suatu tugas atau kegiatan.
6. Pidato Pertanggungjawaban, adalah pidato yang berisi suatu laporan pertanggungjawaban.

D. Metode Pidato
Teknik atau metode dalam membawakan suatu pidatu di depan umum :
1. Metode menghapal, yaitu membuat suatu rencana pidato lalu menghapalkannya kata per kata.
2. Metode serta merta, yakni membawakan pidato tanpa persiapan dan hanya mengandalkan pengalaman dan wawasan. Biasanya dalam keadaan darurat tak terduga banyak menggunakan tehnik serta merta.
3. Metode naskah, yaitu berpidato dengan menggunakan naskah yang telah dibuat sebelumnya dan umumnya dipakai pada pidato-pidato resmi.


E. Persiapan Pidato
Sebelum memberikan pidato di depan umum, ada baiknya untuk melakukan persiapan berikut ini :
1. Wawasan pendengar pidato secara umum
2. Mengetahui lama waktu atau durasi pidato yang akan dibawakan
3. Menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti.
4. Mengetahui jenis pidato dan tema acara.
5. Menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato, dsb.

F. Kerangka Susunan Pidato
Skema susunan suatu pidato yang baik :
1. Pembukaan dengan salam pembuka
2. Pendahuluan yang sedikit menggambarkan isi
3. Isi atau materi pidato secara sistematis : maksud, tujuan, sasaran, rencana, langkah,dll
4. Penutup (kesimpulan, harapan, pesan, salam penutup, dll)
Hal-hal yang disampaikan pembicara dalam pidato dapat berupa informasi, himbauan, harapan, ajakan, petunjuk, pujian, penghargaan, larangan atau perintah.Kegiatan mendengarkan sangat fungsional dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya, di sekolah ketika mendengarkan guru sedang menerangkan pelajaran, dirumah ketika mendengarkan pidato atauceramah melalui radio atau televisi, atau di pasar mendengarkan tukang obat sedang mempromosikanobat. Dengan daya simak yang baik dan konsentrasi yang terpusat, seseorang akan lebih cepat dan efektif memahami maksud yang disampaikan pembicara. Sebagai latihan pertama dalam pembelajaran kali ini,kamu akan berlatih mendengarkan pidato yang dibacakan oleh salah seorang temanmu.

Contoh Materi:
Bacalah teks pidato berikut!
Selamat pagi,
Adik-adikku yang kakak sayangi, saya sebagai Ketua OSIS SMP N 2 Bukittinggi, mewakili kakak-kakak kalian, mengucapkan selamat datang di sekolah kami. Kini, Adik-adik telah menjadi bagian darisekolah kami sebagai murid yang akan bersama-sama giat mencari ilmu demi meraih cita-cita.
Selain itu tentunya dengan ilmu itu, Adik-adik ingin mengembangkan diri Adik-adik, disini telah dibentuk  berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler yang dapat Adik-adik pilih. Nanti kakak-kakak kalian akanmemperkenalkan kegiatan-kegiatan tersebut. Dalam kegiatan-kegiatan itu, Adik-adik dapat mengembangkandiri sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Bahkan, Adik-adik dapat memulai kegiatan yang sama sekali baru bagi Adik-adik.Adik-adik yang berbahagia, kita sudah menginjak usia remaja. Dalam masa usia itu, kita selalu ingintahu dan mencoba-coba banyak hal baru. Masa remaja adalah masa bangkitnya akal (rasio), nalar, dan kesadarandiri. Tidak heran kalau kita menjadi banyak bertanya, mengapa harus begini dan mengapa harus begitu? Bahkankita sering bingung untuk mengikuti arus yang mana. Memilih ikut arus yang ini takut salah, memilih ikut arusyang itu takut tidak mampu. Nah, begitu pun nantinya saat memilih kegiatan ekstrakurikuler, mungkin di antara kalian akan adayang bingung. Pandai-pandailah memilih mana-mana yang positif bagi pengembangan diri Adik-adik.Pertimbangkan baik-baik karena terkadang pandangan orang sering berbeda-beda. Di sinilah perlunya pendapatorang tua dan lingkungan kita. Ada beberapa hal yang harus Adik-adik camkan, yaitu (1) pastikan dahulu kegiatan yang akan kita lakukan itu adalah atas keinginan kita sendiri dan bukan keinginan siapa-siapa; (2) cari tahu untung rugi kalau kita melakukannya. Adik-adik dapat mencari tahu dari orang-orang yang sudahmelakukannya atau dari sumber lainnya; (3) lakukan kegiatan yang telah kalian pilih tersebut dengan sungguh-sungguh; (4) cari tahu kegiatan baru yang sesuai dengan yang kita inginkan dan sesuai dengan kemampuankita; (5) tidak perlu mencoba-coba kegiatan yang menurut kita tidak perlu dan tidak ada manfaatnya.Adik-adik yang berbahagia, itulah pesan dari saya. Marilah kita manfaatkan waktu kita untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif karena kalau bukan sekarang, kapan lagi?Baiklah Adik-adik, saya ucapkan selamat mengikuti berbagai macam kegiatan di SMP N 2 Bukittinggi.
Sumber : disederhanakan dari Ayo Belajar Pidato, 2010



Hal-hal yang penting yang terdapat di dalam pidato tersebut adalah sebagai berikut :
1. Siswa baru dapat mengembangkan bakatnya dengan mengikuti kegiatan
ekstrakurikuler.
2. Kita harus pandai memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dan positif.
3. Pastikan dahulu kegiatan yang akan kita lakukan itu adalah atas keinginan kita sendiri
dan bukankeinginan siapapun.
4. Cari tahu untung rugi kalau kita mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tersebut.
5. Pilihlah kegiatan yang sesuai dengan kemampuan kita.
6. Lakukan kegiatan yang telah kita pilih tersebut dengan sungguh-sungguh.
7. Jangan mencoba kegiatan yang menurut kita tidak perlu dan tidak ada manfaatnya.

Kesimpulan pesan pidato tersebut adalah bahwa siswa baru dapat mengembangkan bakat denganmengikuti ekstrakurikuler. Akan tetapi, kita harus pandai-pandai memilih kegiatan yang sesuai dengan bakatdan kemampuan. Selain itu, kita juga harus memilih kegiatan ekstrakurikuler yang positif dan menguntungkan.Setelah menentukan pilihan, lakukan kegiatan tersebut dengan sungguh-sungguh.Dengarkanlah pidato berikut yang akan disampaikan oleh salah seorangtemanmu. Pidato tersebut merupakan pidato Ketua OSIS dalam menerimarombongan tamu dari sekolah lain.

Tugas individu
Dengarkanlah pidato berikut yang akan disampaikan oleh salah seorang temanmu. Pidato tersebut merupakan pidato dan atau ceramah seorang ustadz dalam acara menyambut bulan suci ramadhan. Setelah selesai, kerjakan soal-soal yang tersedia!

Menyambut Bulan Puasa


Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Puja dan puji syukur mari kita panjatkan kehadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat dan nikmat-Nya kepada kita semua sehingga kita masih berkesempatan untuk menunaikan salah satu kewajiban kita sebagai kaum Muslimin, yakni menjalankan ibadah Puasa di bulan suci Ramadhan. Sholawat serta salam mudah-mudahan tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad, SAW. yang telah memberikan petunjuk kepada kita sehingga kita berada pada jalan yang di Ridhoi.

Alhamdulillah kita masih bisa menjalankan ibadah Puasa sebagai salah satu dari rukun Islam. Ramadhan adalah bulan yang penuh nikmat dan berkah. Di bulan yang suci ini Allah AWT. memberikan kemurahan yang tak terhingga kepada kita berupa ampunan serta pensucian diri dari dosa-dosa yang telah kita perbuat. Mari kita jadikan bulan Ramadhan ini sebagai bulan dimana kita kian mendekat kepada Allah dan menjadi hamba-Nya yang sholeh dan sholihah.

Puasa mengajarkan kita untuk memahami akan banyak hal sebagai makhluk yang diciptakan oleh Allah. Dengan menahan lapar sepanjang hari kita akhirnya dapat mawas diri bahwa semua sajian makanan yang kita konsumsi setiap hari tidak lain adalah rizki yang diberikan oleh Allah SWT. terhadap kita. Tanpa kemurahan-Nya kita tidak akan bisa memakan dan meminum apa pun. Dengan menahan lapar, Allah membuka mata hati kita bahwa sesungguhnya masih banyak orang lain yang membutuhkan pertolongan kita. Para fakir miskin harus menjadi perhatian kita selaku umat yang bertaqwa. Berikan sedekah kepada mereka sebagai hak yang telah diberikan oleh Allah kepada mereka melalui kita.
Mari kita senantiasa mengingat akan perintah serta larangan Allah SWT. Mari kita meningkatkan nilai keimanan kita dengan terus melakukan ibadah dan menjauhi segala larangan-Nya. Bulan puasa adalah bulan yang agung, mari mensucikan tubuh dan fikiran kita agar kelak kita mendapatkan Syurga Allah.. Amin.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga apa yang telah saya sampaikan dapat memberikan manfaat serta hidayah khususnya buat saya pribadi dan para hadirin sekalian. Semoga Allah SWT. senantiasa memberikan kita ampunan dan senantiasa menempatkan kita pada jalan yang di ridhoi-Nya.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.



Kerjakanlah soal berikut ini:

1. Tuliskanlah hal-hal penting yang terdapat dalam pidato tersebut.
2. Tulislah kesimpulan pesan pidato yang kamu dengarkan tersebut.
3. Setelah selesai, laporkan pekerjaanmu di depan kelas secara bergiliran.
5. Berilah kesempatan kepada teman-temanmu untuk menanggapi pekerjaanmun

Tugas kelompok :X Semester 2
Kerjakan intruksi dan soal-soal berikut ini :
1. Bergabunglah bersama teman-temanmu. Kemudian, carilah kaset atau rekaman yang
  berisikan pidato, ceramah atau khotbah.
2. Putarlah kaset atau rekaman tersebut bersama teman-teman sekelompokmu
3. Tulislah hal-hal penting dan kesimpulan dari rekaman pidato atau ceramah tersebut.

Sesuai dengan acara yang kami lampirkan dalam undangan kami, pagi ini akan menyelenggarakan pertandingan dua cabang olahraga, yaitu sepakbola dan basket. Sepak bola hanya akan dilaksanakan siswa putra, sedangkan basket putra dan putri. Semuanya dilaksanakan di dalam kompleks sekolah kami.Tujuan untuk mempererat persatuan. Kalau kita hubungkan dengan isu disintegrasi, tentu kegiatan inisangat bermanfaat. Jika sekolah-sekolah lain juga melaksanakan kegiatan seperti yang kita lakukan ini, persatuan bangsa akan semakin kokoh hingga isu disintegrasi tidak perlu kita khawatirkan.Sekian dan selamat bertanding.
Sumber: Adaptasi dari Majalah Aneka Ilmu, 2010










Kerjakanlah soal berikut ini !:
1. Tuliskanlah hal-hal penting yang terdapat dalam pidato tersebut.
2. Tulislah kesimpulan pesan pidato yang kamu dengarkan tersebut.
3. Setelah selesai, laporkan pekerjaanmu di depan kelas secara bergiliran. Berilah
 kesempatan kepada teman-temanmu untuk menanggapi pekerjaanmu!

Ø      Formatnya :
Laporan Mendengarkan Pidato/Ceramah/Khotbah

Nama kelompok : ………………………………………………………....

Anggota kelompok :……………………………………………………….

Sumber :……………………………………………………………………

Topik yng dibahas :………………………………………………………..

Inti pidato / ceramah :……………………………………………………...

Hal-hal penting :…………………………………………………………...

Kesimpulan :………………………………………………………………

4. Laporkan hasil kegiatan diskusi kelompokmu di depan kelas secara bergiliran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar